Pendidikan dan Segala Polemik dalam Negeri


PENDIDIKAN DAN SEGALA POLEMIK DALAM NEGERI
Robby Akbar – Sektor 24

Hampir setiap hari kita menemui diskusi atau perdebatan sengit yang diadakan di tempat umum atau media massa berbentuk tulisan. Hal tersebut biasa digunakan untuk menyangkal atau mendukung suatu pandangan agama atau politik. Bahkan dalam pendidikan pun kita bisa menemukan masalah. Sangat berbahaya jika hal tersebut dilakukan tanpa berlandaskan ilmu pendidikan. Akan menimbulkan suasana yang lebih runyam yang memungkinkan dapat menimbulkan perpecahan dalam bangsa ini. Untuk mencegah hal tersebut kita harus cerdas dalam menghadapinya dengan memiliki pendidikan yang tinggi.
Dengan adanya pendidikan, maka setiap setiap individu akan memahami dan mengenal berbagai macam ilmu pengetahuan yang terus berkembang. Dengan adanya pendidikan, maka seseorang dapat memahami apa yang baik dan juga apa yang salah. Dengan adanya pendidikan, maka setiap individu akan semakin memahami hal apa saja yang baik dan juga benar, sehingga dapat mencegah berbagai macam tindakan-tindakan bodoh yang dapat merugikan diri sendiri bahkan merugikan banyak pihak. Dengan adanya pendidikan, maka memungkinkan seseorang memiliki jalan dan pola pikir yang ilmiah, yaitu terstruktur dan berdasarkan fakta-fakta yang ada. Dengan seperti itu, maka sedikit demi sedikit berbagai macam polemik dalam negeri ini bisa terselesaikan dengan damai. Sangat di sayang kan bahwa belum meratanya pendidikan di Indonesia saat ini, yang membuat hal tersebut bisa tercapai.
Seperti yang telah kita ketahui, pendidikan merupakan salah satu dari empat tujuan nasional Bangsa Indonesia yang tertera pada Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang berbunyi; “Mencerdaskan kehidupan bangsa”. Untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka Indonesia harus terus menerus memperbaiki sistem pendidikan yang ada. Sehingga dapat membuat berbagai macam polemik di Indonesia terlepas dan tidak membuat kekacauan. Seperti kata Nelson Mandela “Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh yang bisa anda gunakan untuk mengubah dunia”.
Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan pemerintah atas kondisi pendidikan di Indonesia yang belum merata pelaksanaanya. Masyarakt Indonesia, terutama mahasiswa yang memiliki kekuatan untuk mengedukasi masyarakat sehingga mereka mempunyai pola pikir bahwa pendidikan sangatlah penting pada kehidupan mereka. Dengan bantuan pergerakan dari non pemerintah ini bisa memajukan bangsa ini. Tingkat pendidikan suatu negara juga berbanding lurus dengan kemajuan bangsa itu dimasa depan.
“Pendidikan itu adalah kebutuhan bagi manusia melalui pendidikan makhluk hidup yang namanya manusia dapat selalu berinovasi dan bereksperimen, melalui pendidikan kita percaya bahwa rantai kemiskinan dan kesadaran manusia dapat di bangun. Pendidikan perlu menjadi kebutuhan primer bagi manusia, karena secara jelas hidup manusia dari bayi sampai dewasa adalah hidup yang berangkat dari pengetahuan, oleh karena itu manusia tak dapat pisahkan dari pengetahuan dalam kehidupannya.”
Masih banyak  polemik salah satunya dalam pendidikan yang menghalangi tidak sedikit warga negara Indonesia untuk mendapatkan pendidikan formal. Maka dari itu diperlukan adanya sikap dan pemikiran positif agar pemerintah dan warga negara Indonesia dapat menemukan solusi agar polemik – polemik pendidikan di Indonesia dapat diatasi sehingga pendidikan yang layak dan berkualitas dapat dijangkau oleh masyarakat.
Referensi:

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

Semoga harimu menyenangkan :)
Kalau ingin bertanya, tanya kan di fb https://www.facebook.com/robby.akbar.75