Moral Bangsa Indonesia


Apakah kalian tau apa itu moral? Mungkin banyak yang tahu dan mengerti moral itu apa namun sulit untuk dijelaskan. Ada juga yang gak tahu sama sekali tentang moral. Padahal, dalam kehidupan sehari-hari juga kita sering mendengar kata moral. Di televisi, radio, sekolah, kantor, dan lain sebagainya sering kali menyinggung tentang moral khususnya dalam kehidupan masyarakat. Lalu, sebenarnya apa itu moral?
Moral adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang memilik nilai positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. Sehingga moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia.
Moral adalah nilai keabsolutan dalam kehidupan bermasyarakat secara utuh. Penilaian terhadap moral diukur dari kebudayaan masyarakat setempat. Moral adalah perilaku, perbuatan, atau ucapan seseorang dalam berinteraksi dengan manusia. Apabila yang dilakukan seseorang itu sesuai dengan nilai rasa yang berlaku di masyarakat tersebut dan dapat diterima serta menyenangkan lingkungan masyarakatnya, maka orang itu dinilai memiliki moral yang baik, begitu juga sebaliknya. Moral adalah produk dari budaya dan agama. Setiap budaya memiliki standar moral yang berbeda-beda sesuai dengan sistem nilai yang berlaku dan telah terbangun sejak lama.
Indonesia yang kaya dengan keberagaman adat, kebiasaan, budaya dan lain sebagainya mempunyai segala kearifan lokal yang mengandung nilai-nilai kehidupan luhur turun temurun yang patut dilestarikan. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang bermoral. Mempunyai kode etik tersendiri yang berakar dari budaya ketimuran.
Kita sebagai generasi penerus bangsa seharusnya mengamalkan setiap norma yang berlaku di masyarakat sesuai dengan budaya dan tata krama setempat. Hal ini bertujuan untuk menjaga kepribadian bangsa Indonesia. Ancaman budaya luar harus diatasi dengan prinsip filtrasi agar kepribadian bangsa Indonesia, akan tetap selaras dengan kemajuan kebutuhan masyarakat. Mulailah dari diri sendiri dan menjadi teladan bagi orang lain. Karena perubahan yang besar, berasal dari diri kita masing-masing terlebih dahulu.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

Semoga harimu menyenangkan :)
Kalau ingin bertanya, tanya kan di fb https://www.facebook.com/robby.akbar.75